Selasa, 09 Oktober 2012

Tiga hal yang terus menerus mengalirkan pahala

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Bismillah, alhamdulillah, washalatu wassalamu ala Rasulillah, wa ala alihi washabihi wamaa walah. Wala haula wala kuata ila billah.
alhamdulillah akhirnya  tulisan ini dapat pula terselesaikan,, wlaupun mngkin blum smpurna,,, smga ini dpt brmanfaat bgi kta smua ,, aminz,,,

Saudara-saudaraku, kaum muslimin-muslimat, hamba Allah yang beriman, bertakwa. Kematian adalah satu hal yang bersifat pasti, kapan dan dimanapun kita, siapapun kita, pasti ajal akan menjemput kita.

Tetapi yang perlu kita siapkan adalah bagaimana ketika ajal itu tiba. Kita sudah siap menghadapi Allah SWT. Kita sudah siap untuk ditanya tentang amal perbuatan kita.

Ternyata ada 3 (tiga) perbuatan yang kalau kita lakukan dengan baik dengan penuh keikhlasan, maka perbuatan itu akan menghantarkan pahala kepada kita, walaupun usia kita pendek, terbatas idama tabnu adam inqatho’a amalu syalasin. Seseorang meninggal dunia, maka terputus amal perbuatannya, kecuali tiga hal akan terus mengalirkan pahala, walaupun kita sudah meninggal dunia.

Pertama adalah shadaqah jariyah, harta yang kita wakafkan, yang kita berikan untuk kepentingan agama, untuk kebaikan-kebaikan fakir miskin, orang-orang yang membutuhkan. Shadaqah jariyah yang mengalir terus.

Yang kedua adalah wa ilmin min tafahu bihi. ilmu yang dimanfaatkan. Kita punya ilmu, kita berikan kepada orang lain. Orang lain yang mendapatkan ilmu juga, menyebarkan kepada yang lainnya. Diamalkan dalam kehidupannya, kita. Ilmu sebagai penerang, sebagai pemimpin dari amal perbuatan kita.

Dan yang ketiga adalah awalan shalihan yad ‘ula. Anak shaleh yang mendoakan kita. Anak-anak kita, yang kita didik sebaik-baiknya, mengenal Allah, mengenal Al-Qur’an, melaksanakan kewajibannya, melaksanakan shalat, melaksanakan ibadah shaum. Mereka berbuat baik, mereka cerdas, mereka memiliki pendidikan yang berkualitas, yang suka mendoakan kedua orangtuanya.

Ternyata doa yang akan dikabulkan oleh Allah adalah doa anak shaleh yang mendoakan kedua orangtuanya. Oleh karena itu, mari persiapkan diri kita dengan tiga hal ini, shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

baca juga artikel lainnya klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar